PROPOSAL BISNIS
BALA UHUY CAKE
DISUSUN :
Ajriyani (10214687)
Aprinia Ayu Pradita ( 11214472 )
Dian Wirdyastuti ( 13214007 )
Reni Tyan Anggraeni (19214064)
Silvi Yuliawati ( 1A214280)
Sri Nurmayanti (1A214434)
KELAS 4EA31
FAKULTAS EKONOMI JURUSAN MANAJEMEN
MATAKULIAH KOMUNIKASI BISNIS
DOSEN : BONAR S PANJAITAN
Kata Pengantar
Puji syukur penulis ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa
karena atas karuniaNya penulis dapat menyelesaikan proposal usaha mengenai
produk bala uhuy cake (bolu gulung aneka rasa). Proposal usaha adalah dokumen
tertulis yang menggambarkan semua unsur, baik internal maupun eksternal
mengenai suatu usaha baru.
Proposal ini disusun dalam rangka agar para pembaca dapat mengerti mengenai usaha bolu gulung aneka rasa,berapa modalnya, peralatannya, bahannya, serta untung dan ruginya. Penulis berharap setelah membaca proposal ini semakin banyak orang yang termotivasi untuk membuka lapangan kerja baru sehingga dapat mengurangi pengangguran.
Pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang terkait dengan proposal ini.
Penulis meminta maaf apabila ada kesalahan. Penulis juga menerima saran dan kritik dari para pembaca. Akhir kata penulis mengucapkan terima kasih atas perhatian pembaca sekalian.
Proposal ini disusun dalam rangka agar para pembaca dapat mengerti mengenai usaha bolu gulung aneka rasa,berapa modalnya, peralatannya, bahannya, serta untung dan ruginya. Penulis berharap setelah membaca proposal ini semakin banyak orang yang termotivasi untuk membuka lapangan kerja baru sehingga dapat mengurangi pengangguran.
Pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang terkait dengan proposal ini.
Penulis meminta maaf apabila ada kesalahan. Penulis juga menerima saran dan kritik dari para pembaca. Akhir kata penulis mengucapkan terima kasih atas perhatian pembaca sekalian.
Bekasi, Nov 2017
Penulis
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR....................................................................................................
DAFTAR ISI..................................................................................................................
BAB I : PENDAHULUAN............................................................................................
1.1 Latar Belakang.........................................................................................................
1.2 Profil Usaha.............................................................................................................
BAB II : BUSINESS PLAN..........................................................................................
2.1 Visi dan Misi Usaha.................................................................................................
2.2 Ruang lingkup Usaha...............................................................................................
2.3 Tujuan......................................................................................................................
BAB III: RENCANA PEMASARAN...........................................................................
3.1 Analisis pesaing usaha.............................................................................................
3.2 Analisis 4P................................................................................................................
3.3 Target dan segmentasi pasar.....................................................................................
BAB IV: PERENCANAAN MODAL...........................................................................
BAB V: KESIMPULAN................................................................................................
DAFTAR ISI..................................................................................................................
BAB I : PENDAHULUAN............................................................................................
1.1 Latar Belakang.........................................................................................................
1.2 Profil Usaha.............................................................................................................
BAB II : BUSINESS PLAN..........................................................................................
2.1 Visi dan Misi Usaha.................................................................................................
2.2 Ruang lingkup Usaha...............................................................................................
2.3 Tujuan......................................................................................................................
BAB III: RENCANA PEMASARAN...........................................................................
3.1 Analisis pesaing usaha.............................................................................................
3.2 Analisis 4P................................................................................................................
3.3 Target dan segmentasi pasar.....................................................................................
BAB IV: PERENCANAAN MODAL...........................................................................
BAB V: KESIMPULAN................................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Di
zaman modern ini kita memasuki era globalisasi yang menawarkan banyak hal-hal
yang instan, tidak terkecuali makanan, maka dari itu banyak nya makanan yang
dijual sudah siap makan dikarenakan bayak orang Indonesia yang sibuk bekerja
atau aktivitas lain sehingga tidak ada waktu untuk membuat makanan.
Ketatnya
persaingan di pasar makanan tidak menyurutkan langkah kami mencoba memproduksi
suatu makanan yang tidak kalah menarik.Tentunya dengan harapan mampu bersaing
dalam pasar makanan.Produk tersebut adalah kuebasah.
Jenis
usaha yang akan kami jalankan ini akan kami modifikasi dari segi bentuk dan
rasa sehingga mampu menghasilkan makanan yang berkualitas dan menarik. Adapun
produk makanan ini kami berinama “BALA UHUY CAKE”.
1.2 Profil Usaha
Nama pemilik :
usaha bersama (Ajri, aprinia, dian, reni, silvi, dan sri )
Nama usaha
: Bala Uhuy Cake
Lokasi usaha
: ruko grand galaxy Bekasi
Modal usaha
: modal bersama dan dari investor
Jenis
usaha
: kue gulung aneka rasa (bala uhuy cake)
BAB II
BUSINESS PLAN
2.1 Visi Usaha Dan Misi Usaha
Visi Usaha
Memperkenalkan
dan menjaga nama baik dan kualitas produk makanan yang kami jual yaitu “BALA
UHUY CAKE” sehingga mampu diterima dikalangan masyarakat.
Misi Usaha
Adapun misi yang coba kami terapkan adalah :
Adapun misi yang coba kami terapkan adalah :
- Memberi pelayanan semaksimal mungkin.
- Membuat konsumen puas.
- Menjaga kualitas produk baik rasa dan bentuknya.
- Memaksimalkan keuntungan dengan minimumkan modal.
- Memberi harga yang terjangkau.
2.2 Ruang Lingkup Usaha
Usaha ini berorientasi di Bekasi saja. Namun usaha
strategi karena berada di tempat tongkrongan anak anak muda dan dilalui orang
banyak, tersedianya tempat ibadah dan tempat parkir untuk kendaraan membuat
konsumen tidak ragu untuk datang ke tempat usaha kami. Seiring berjalannya
waktu maka usaha ini akan terus berkembang hingga ruang lingkup usaha pun dapat
mencapai hingga ke luar kota.
2.3 Tujuan
- Membuat produk kue yang lezat dan menyehatkan dengan banyak aneka rasa
- Mendapatkan laba sehingga meningkatkan perekonomian
- Memperkenalkan produk “bala uhuy cake” kepada masyarakat luas sebagai bolu gulung yang unik dengan memiliki aneka rasa
BAB III
RENCANA PEMASARAN
3.1 Analisis Persaingan Usaha
Setiap kegiatan untuk memulai usaha harus jmengukur
kemampuan terhadap lingkungan atau pesaing yaitu melalui analisis SWOT.
1. Kekuatan :
1. Kekuatan :
- Harga bala uhuy cake terjangkau
- Kualitas kuenya sangat terjamin
- Tahan Lama
2. Kelemahan :
- Minimnya modal untuk tenaga kerja
- Mudah rusak jika kue di tumpuk banyak
- Bahan baku yang mudah rusak
3. Peluang
Karena banyak varian rasa yang kami jual
sehingga masyarakat bisa memilih sesuai selera tidak bosan
dan ragu untuk membeli produk kami.
4. Ancaman
3.2 Analisis 4P
1. Produk : Kue basah ( bolu gulung ) yang kami beri nama ‘BalaUhuy Cake’ dengan sebelas rasa dengan nama yang unikyaitu :
3.3 Target Dan Segmentasi Pasar
4. Ancaman
- Banyak pesaing yang terus meningkat
- Kenaikan harga bahanbaku
- Muncul produk sejenis yang lebih unggul
3.2 Analisis 4P
a. Hitam Manis (Oreo)
Uhuy
b. Strawberry Merona Uhuy
c. Coklat Khatulistiwa
Uhuy
d. Banana Roll Uhuy
e. Sweet Green Tea
Uhuy
f. Red Velvet
Uhuy
g. Talas Nusantara
Uhuy
h. Blueberry Menggoda
Uhuy
i. Asam Manis
Lemon Uhuy
j. Si Gurih
Peanut Uhuy
k. Original Natural
Uhuy
2. Harga: untuk harga kami bandrol perbuah
Rp.42.500
3. Tempat: ruko Grand Galaxy
4. Promosi: Internet (instagram, youtube, brosur,
banner iklan di depan toko, dll)
3.3 Target Dan Segmentasi Pasar
1. Geografi : Wilayah yang
dijadikan target adalah wilayah galaxy Bekasi
2. Demografi : Kami bertujuan pada semua kalangan masyarakat
yang terletak sekitar galaxy Bekasi
BAB IV
PERENCANAAN MODAL
Biaya peralatan
Peralatan
|
Jumlah
|
Harga
|
|
Oven
|
1
|
Rp. 200.000
|
|
Mixer
|
1
|
Rp.120.000
|
|
Loyang
|
5
|
Rp.70.000
|
|
Pisau
|
2
|
Rp. 25.000
|
|
Tabung gas
|
1
|
Rp.80.000
|
|
Baskom
|
2
|
Rp.10.000
|
|
Kompor gas
|
1
|
Rp.180.000
|
|
Etalase
|
1
|
Rp.250.000
|
|
Kuas
|
2
|
Rp.20.000
|
|
Lain lain
|
Rp.50.000
|
||
Rp. 1.005.000
|
|||
Biaya variabel
Bahan baku
|
Jumlah
|
Harga
|
|
Tepung terigu
|
20 kg
|
Rp. 160.000
|
|
Telur
|
50 butir
|
Rp. 118.000
|
|
Gula pasir
|
3 kg
|
Rp. 51.000
|
|
Packing
|
100 box
|
Rp. 180.000
|
|
Susu bubuk
|
2 kg
|
Rp. 160.000
|
|
Mentega
|
5 kg
|
Rp. 380.000
|
|
b. powder
|
10 bungkus
|
Rp. 70.000
|
|
Vanilli
|
10 bungkus
|
Rp. 80.000
|
|
Coklat
|
50 buah
|
Rp. 380.000
|
|
Slai stroberi
|
30 pcs
|
Rp. 300.000
|
|
Slai bluberry
|
30 pcs
|
Rp. 300.000
|
|
Greentea
|
50 pcs
|
Rp. 420.000
|
|
Talas
|
2 kg
|
Rp. 150.000
|
|
Oreo
|
40 bungkus
|
Rp.320.000
|
|
Slai kacang
|
30 pcs
|
Rp. 400.000
|
|
Red velvet
|
30 pcs
|
Rp. 250.000
|
|
Buah stroberi, bluberry, lemon, pisang
|
Rp. 390.000
|
||
Rp. 4.109.000
|
|||
1 bulan dihitung 30 hari
Jumlah produksi = 100
box / hari = 3.000 / bulan
1. Biaya Investasi (tetap)
Sewa
ruko = Rp. 2.000.000 /
bulan
Peralatan
= Rp. 1.005.000
total
= Rp. 3.005.000
2. Biaya variabel
Bahan baku =
Rp. 4.109.000 = Rp. 123.270.000 / bulan
3. Biaya overhead
Listrik
= Rp. 100.000 / bulan
Air
= Rp. 60.000 / bulan
Total
= Rp. 160.000
A. Menentukan harga pokok
1. Total cost = Rp.
123.270.000
2. Rencana pemasaran bulan pertama
3. Harga pokok = Rp. 123.270.000 / 3.000 =
Rp. 42.500 box
B. Penerimaan Perbulan
Penjualan 100 box kue X Rp. 42.500/box X 30 hari =
Rp. 127.500.000
C. Keuntungan Perbulan
Keuntungan = total penerimaan - total biaya
operasional (total biaya bahan baku +
biaya overhead)
biaya overhead)
Keuntungan = Rp. 127.500.000 - Rp.123.430.000
= Rp. 4.070.000
D. Payback period (periode untuk
kembali modal
Payback period = (total biaya investasi /
keuntungan) X 1 bulan
Payback period = ( Rp. 3.005.000 / Rp. 4.070.000 )
X 30 hari = 22 hari
BAB V
KESIMPULAN
5.1 Kesimpulan
Dari pembahasan diatas dapat kita simpulkan bahwa usaha
bolu gulung aneka rasa cukup memiliki keuntungan yang menjanjikan. Semoga
dengan adanya bisnis dapat menambah pilihan akan makanan siap saji yang
bergizi.disamping dapat menghasilkan dan membuka lapangan kerja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar