Selasa, 05 Desember 2017

PROPOSAL BISNIS BALA UHUY CAKE

PROPOSAL BISNIS
BALA UHUY CAKE



 


DISUSUN :
Ajriyani (10214687)
Aprinia Ayu Pradita ( 11214472 )
Dian Wirdyastuti ( 13214007 )
Reni Tyan Anggraeni (19214064)
Silvi Yuliawati ( 1A214280)
Sri Nurmayanti (1A214434)


KELAS 4EA31
FAKULTAS EKONOMI JURUSAN MANAJEMEN
MATAKULIAH KOMUNIKASI BISNIS
DOSEN : BONAR S PANJAITAN




Kata Pengantar
        Puji syukur penulis ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas karuniaNya penulis dapat menyelesaikan proposal usaha mengenai produk bala uhuy cake (bolu gulung aneka rasa). Proposal usaha adalah dokumen tertulis yang menggambarkan semua unsur, baik internal maupun eksternal mengenai suatu usaha baru.
         Proposal ini disusun dalam rangka agar para pembaca dapat mengerti mengenai usaha bolu gulung aneka rasa,berapa modalnya, peralatannya, bahannya, serta untung dan ruginya. Penulis berharap setelah membaca proposal ini semakin banyak orang yang termotivasi untuk membuka lapangan kerja baru sehingga dapat mengurangi pengangguran.
Pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang terkait dengan proposal ini.
         Penulis meminta maaf apabila ada kesalahan. Penulis juga menerima saran dan kritik dari para pembaca. Akhir kata penulis mengucapkan terima kasih atas perhatian pembaca sekalian.
Bekasi, Nov 2017
Penulis





DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR....................................................................................................
DAFTAR ISI..................................................................................................................
BAB I : PENDAHULUAN............................................................................................
1.1 Latar Belakang.........................................................................................................
1.2 Profil Usaha.............................................................................................................
BAB II : BUSINESS PLAN..........................................................................................
2.1 Visi dan Misi Usaha.................................................................................................
2.2 Ruang lingkup Usaha...............................................................................................
2.3 Tujuan......................................................................................................................
BAB III: RENCANA PEMASARAN...........................................................................
3.1 Analisis pesaing usaha.............................................................................................
3.2 Analisis 4P................................................................................................................
3.3 Target dan segmentasi pasar.....................................................................................
BAB IV: PERENCANAAN MODAL...........................................................................
BAB V: KESIMPULAN................................................................................................






BAB I
PENDAHULUAN
     1.1  Latar Belakang
Di zaman modern ini kita memasuki era globalisasi yang menawarkan banyak hal-hal yang instan, tidak terkecuali makanan, maka dari itu banyak nya makanan yang dijual sudah siap makan dikarenakan bayak orang Indonesia yang sibuk bekerja atau aktivitas lain sehingga tidak ada waktu untuk membuat makanan.
Ketatnya persaingan di pasar makanan tidak menyurutkan langkah kami mencoba memproduksi suatu makanan yang tidak kalah menarik.Tentunya dengan harapan mampu bersaing dalam pasar makanan.Produk tersebut adalah kuebasah.
Jenis usaha yang akan kami jalankan ini akan kami modifikasi dari segi bentuk dan rasa sehingga mampu menghasilkan makanan yang berkualitas dan menarik. Adapun produk makanan ini kami berinama “BALA UHUY CAKE”.
     1.2  Profil Usaha
Nama pemilik         : usaha bersama (Ajri, aprinia, dian, reni, silvi, dan sri )
Nama usaha            : Bala Uhuy Cake
Lokasi usaha           : ruko grand galaxy Bekasi
Modal usaha           : modal bersama dan dari investor
Jenis usaha              : kue gulung aneka rasa (bala uhuy cake)
                                                                   

         
BAB II
BUSINESS PLAN
      2.1  Visi Usaha Dan Misi Usaha
Visi Usaha 
      Memperkenalkan dan menjaga nama baik dan kualitas produk makanan yang kami jual yaitu “BALA UHUY CAKE” sehingga mampu diterima dikalangan masyarakat.
      Misi Usaha
      Adapun misi yang coba kami terapkan adalah :
  • Memberi pelayanan semaksimal mungkin.
  • Membuat konsumen puas.
  • Menjaga kualitas produk baik rasa dan bentuknya.
  • Memaksimalkan keuntungan dengan minimumkan modal.
  • Memberi harga yang terjangkau.
      2.2  Ruang Lingkup Usaha
      Usaha ini berorientasi di Bekasi saja. Namun usaha strategi karena berada di tempat tongkrongan anak anak muda dan dilalui orang banyak, tersedianya tempat ibadah dan tempat parkir untuk kendaraan membuat konsumen tidak ragu untuk datang ke tempat usaha kami. Seiring berjalannya waktu maka usaha ini akan terus berkembang hingga ruang lingkup usaha pun dapat mencapai hingga ke luar kota.
      2.3  Tujuan
  1. Membuat produk kue yang lezat dan menyehatkan dengan banyak aneka rasa
  2. Mendapatkan laba sehingga meningkatkan perekonomian
  3. Memperkenalkan produk “bala uhuy cake” kepada masyarakat luas sebagai bolu gulung yang unik dengan memiliki aneka rasa





BAB III
RENCANA PEMASARAN
3.1 Analisis Persaingan Usaha
      Setiap kegiatan untuk memulai usaha harus jmengukur kemampuan terhadap lingkungan atau pesaing yaitu melalui analisis SWOT.
1.    Kekuatan :
  • Harga bala uhuy cake terjangkau
  • Kualitas kuenya sangat terjamin
  • Tahan Lama
      2.    Kelemahan :
  • Minimnya modal untuk tenaga kerja
  • Mudah rusak jika kue di tumpuk banyak
  • Bahan baku yang mudah rusak
      3.    Peluang
   Karena banyak varian rasa yang kami jual sehingga masyarakat bisa memilih sesuai selera tidak bosan dan ragu untuk membeli produk kami.

4.    Ancaman
  • Banyak pesaing yang terus meningkat
  • Kenaikan harga bahanbaku
  • Muncul produk sejenis yang lebih unggul
     
3.2  Analisis 4P
 
1. Produk : Kue basah ( bolu gulung ) yang kami beri nama ‘BalaUhuy Cake’ dengan sebelas rasa dengan nama yang unikyaitu :
        a.    Hitam Manis (Oreo) Uhuy
         b.    Strawberry Merona Uhuy
        c.    Coklat Khatulistiwa Uhuy
        d.    Banana Roll Uhuy
        e.    Sweet Green Tea Uhuy
        f.     Red Velvet Uhuy
        g.    Talas Nusantara Uhuy
        h.    Blueberry Menggoda Uhuy
        i.     Asam Manis Lemon Uhuy
        j.     Si Gurih Peanut Uhuy
        k.    Original Natural Uhuy
        2.   Harga: untuk harga kami bandrol perbuah Rp.42.500
        3.   Tempat: ruko Grand Galaxy
        4.   Promosi: Internet (instagram, youtube, brosur, banner iklan di depan toko, dll)
     
 3.3  Target Dan Segmentasi Pasar
        1. Geografi    : Wilayah yang dijadikan target adalah wilayah galaxy Bekasi
        2. Demografi : Kami bertujuan pada semua kalangan masyarakat yang terletak sekitar galaxy Bekasi



 
 
BAB IV
PERENCANAAN MODAL
Biaya peralatan
Peralatan
Jumlah
Harga
Oven
1
Rp. 200.000
Mixer
1
Rp.120.000
Loyang
5
Rp.70.000
Pisau
2
Rp. 25.000
Tabung gas
1
Rp.80.000
Baskom
2
Rp.10.000
Kompor gas
1
Rp.180.000
Etalase
1
Rp.250.000
Kuas
2
Rp.20.000
Lain lain

Rp.50.000

Rp. 1.005.000




Biaya variabel
Bahan baku
Jumlah
Harga
Tepung terigu
20 kg
Rp. 160.000
Telur
50 butir
Rp. 118.000
Gula pasir
3 kg
Rp. 51.000
Packing
100 box
Rp. 180.000
Susu bubuk
2 kg
Rp. 160.000
Mentega
5 kg
Rp. 380.000
b. powder
10 bungkus
Rp. 70.000
Vanilli
10 bungkus
Rp. 80.000
Coklat
50 buah
Rp. 380.000
Slai stroberi
30 pcs
Rp. 300.000
Slai bluberry
30 pcs
Rp. 300.000
Greentea
50 pcs
Rp. 420.000
Talas
2 kg
Rp. 150.000
Oreo
40 bungkus
Rp.320.000
Slai kacang
30 pcs
Rp. 400.000
Red velvet
30 pcs
Rp. 250.000
Buah stroberi, bluberry, lemon, pisang

Rp. 390.000

Rp. 4.109.000




1 bulan dihitung 30 hari
Jumlah produksi       = 100 box / hari = 3.000 / bulan
      1.   Biaya Investasi (tetap)
      Sewa ruko          = Rp. 2.000.000 / bulan
      Peralatan            = Rp. 1.005.000
      total                    = Rp. 3.005.000
      2.   Biaya variabel
      Bahan baku        = Rp. 4.109.000 = Rp. 123.270.000 / bulan
      3.   Biaya overhead
      Listrik                 = Rp. 100.000 / bulan
      Air                      = Rp. 60.000 / bulan
      Total                   = Rp. 160.000
            A.  Menentukan harga pokok
                    1.      Total cost     = Rp. 123.270.000
                    2.      Rencana pemasaran bulan pertama
                    3.      Harga pokok  = Rp. 123.270.000 / 3.000 = Rp. 42.500 box
            B.  Penerimaan Perbulan
             Penjualan 100 box kue X Rp. 42.500/box X 30 hari = Rp. 127.500.000
            C.  Keuntungan Perbulan
             Keuntungan = total penerimaan - total biaya operasional (total biaya bahan baku + 
             biaya overhead)
             Keuntungan = Rp. 127.500.000 - Rp.123.430.000  = Rp. 4.070.000
            D.  Payback period (periode untuk kembali modal      
             Payback period = (total biaya investasi / keuntungan) X 1 bulan
             Payback period = ( Rp. 3.005.000 / Rp. 4.070.000 ) X 30 hari = 22 hari





BAB V
KESIMPULAN
5.1  Kesimpulan
      Dari pembahasan diatas dapat kita simpulkan bahwa usaha bolu gulung aneka rasa cukup memiliki keuntungan yang menjanjikan. Semoga dengan adanya bisnis dapat menambah pilihan akan makanan siap saji yang bergizi.disamping dapat menghasilkan dan membuka lapangan kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Analisis PT Kereta Commuter Indonesia

PT Kereta Commuter Indonesia PT KAI Commuter Jabodetabek sejak tanggal 19 September 2017 telah berganti nama menjadi PT Kereta Comm...